3 Jenis Seminar Yang Harus Kamu Tahu!

Seminar merupakan kegiatan yang memeiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah sebagai penambah wawasan bagi pesertanya. Dalam pelaksanaannya juga dibutuhkan kepanitiaan agar acara bisa berjalan dengan baik dan mencapai tujuan dibuatnya acara. Untuk mengetahui perbedaan antara penyelenggara dan peserta, kamu bisa menggunakan tali Lanyard yang dijadikan untuk penggantung identitas diri. Kemudian penggunaan tiket  dari Gelang Wristband juga bisa digunakan sebagai kenang-kenangan dari acara kepada peserta.

Jenis seminar yang harus kamu ketahui

Jenis seminar yang harus kamu ketahui

Agar kamu bisa memilih seminar yang sesuai dengan karaketer, kamu harus tahu tiga jenis seminar ini.

1. Motivational seminar – seminar motivasi

Sesuai dengan namanya, seminar ini bertujuan untuk meningkatkan semangat pesertanya. Pembicara akan memberikan materi berupa dorongan, motivasi, atau bahkan provokasi peserta untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan topik seminar. Misalnya Seminar – Cara Gila Menjadi Pengusaha yang akan mendorong peserta untuk segera bertindak untuk menjadi pengusaha. Penggunaan tiket Gelang Wristband sebagai tanda kepesertaan juga bisa menjadi bahan untuk memasarkan seminar.

2. Inspirational seminar – seminar inspirasi

Pada seminar ini, pembicara akan memberikan inspirasi kepada peserta seminar sehingga peserta bisa mengambil pelajaran dari hal tersebut. Jika seminar akan menghadirkan beberapa orang yang bisa memberikan testimoni atau sejenisnya, penggunaan tali Lanyard untuk menggantungkan identitas diri juga cukup efektif. Pasalnya, moderator bisa melihat identitas tersebut sehingga memudahkan untuk berkomunikasi di tengah acara.

3. Educational seminar – seminar edukasi

Seminar edukasi merupakan seminar yang paling diminati oleh mahasiswa, guru, atau tenaga di bidang kesehatan. Seminar edukasi terbagi menjadi dua, yaitu.

1. Hardskill – keterampilan teknis

Keterampilan teknis disini melekat atau dibutuhkan untuk profesi tertentu. Seminar hardskill biasanya lebih serius dibandingkan seminar softskill karena bahasan yang dibawa juga cukup berat. Contohnya insinyur mekanik yang membutuhkan keterampilan permesinan, dan sebagainya.

2. Softskill – pengembangan kecerdasan EQ

Seminar ini ditujukan untuk mengembangkan kecerdasan EQ yang merupakan kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi diri dan orang sekitarnya. Setiap manusia juga butuh ditumbuhkan kemampuan EQ agar dapat lebih bertanggung jawab atas diri sendiri dan bisa membangun kerja sama dengan orang lain. Walau seminar motivasi dan seminar inspirasi dapat dikategorikan ke dalam seminar softskill, tapi seminar softskill mengandung edukasi yang lebih banyak. Misalnya seminar untuk meningkatkan public speaking, communication mastery, dan sebagainya.

Dengan mengetahui jenis-jenis seminar, kamu jadi lebih mudah menentukan seminar macam apa yang kamu senangi atau butuhkan agar tujuan kamu sebagai peserta dan tujuan penyelenggara sebagai panitia tercapai.

COMMENTS