7 Pekerjaan yang Termasuk Tahap Finishing Bangunan

 

7 Pekerjaan yang Termasuk Tahap Finishing Bangunan

Membangun sebuah gedung atau hunian konvensional merupakan kebutuhan yang cukup penting di era saat ini apalagi melihat kondisi masyrakat yang semakin padat dan lapangan pekerjaan yang semakin luas.

Dalam pembangunan konstruksi, banyak tahap yang perlu dilakukan seperti tahap pembuatan pondasi, struktur, hingga tahap finishing.

Tahap finishing sendiri memiliki banyak fungsi yaitu sebagai penambah nilai estetika pada suatu gedung atau hunian, merapikan gedung atau hunian, melapisi bagian yang ingin ditumpuk dengan bahan lainnya, dan untuk memperkuat sekaligus mengawetkan gedung.

Tahap finishing sendiri umumnya menggunakan jasa tertentu seperti jasa waterproofing, jasa pemasangan atap, dan lain-lain.

Tahap Finishing Pembangunan

Tahap finishing memiliki beberapa macam jenis, di antaranya:

1. Batu bata

Pemasangan batu bata dikatakan sebagai pekerjaan finishing karena menyelesaikan bangunan dengan menutupinya menggunakan tembok.

2. Pemasangan keramik atau lantai

Pemasangan keramik termasuk ke dalam proses finishing karena merapikan dan memperindah hunian dengan lantai.

3. Pengerjaan acian

Adalah pemasangan adonan yang berfungsi untuk melindungi tembok agar terlihat rapih dan terhindar dari pengaruh cuaca yang buruk seperti kelembaban dan panas yang ekstrem. Biasanya pengerjaan acian ini menggunakan jasa waterproofing agar hasil yang didapat benar-benar berkualitas.

4. Pasang batu alam atau granit

Pasang batu alam atau granit dimasukkan ke dalam tahap finishing karena berfungsi untuk merapikan sekaligus memperindah sebuah gedung atau hunian.

5. Pengecatan

Pengecatan berfungsi untuk memperindah bangunan atau gedung agar terlihat indah, berwarna, berkonsep hingga terhindar dari kerusakan akibat kelembaban dan cuaca panas yang ekstrem.

6. Gerbang

Gerbang berfungsi untuk melindungi bangunan gedung atau hunian konvensional agar terhindar dari kejadian perampokkan. Pemasangan gerbang umumnya dilaksanakan setelah semua bentuk bangunan telah rampung.

7. Karpet atau parket

Pemasangan finishing yang terakhir dan dianggap paling ringan adalah memasang karpet atu parket atau dapat juga jenis lapisan lantai lain seperti vinyl yang berfungsi untuk melapisi lantai agar terlihat lebih rapih estetik.

Pengerjaan lain yang masuk ke dalam pekerjaan finishing masih banyak jenisnya termasuk mendekorasi bagian rumah seperti memasang gorden, kusen jendela, pemasangan kunci, dan lain-lain.

COMMENTS