Cara Menggunakan Wiremesh dalam Konstruksi Bangunan

anyaman wiremesh

Pernahkah Anda mendengarkan tentang bahan konstruksi wiremesh? Jika belum, pasti Anda sudah pernah mendengar tentang kawat anyam. Kawat atau besi anyam sebenarnya adalah wiremesh. Bahan kawat tentu bukanlah jenis kawat biasa yang digunakan untuk pagar besi, tetapi lebih kuat dengan diameter lebih besar.

Fungsi dari wiremesh sendiri adalah sebagai besi tulangan dalam sebuah konstruksi bangunan yaitu lantai atau dinding beton. Biasanya wiremesh akan menjadi tulangan sebuah lantai beton yang kemudian dipadukan bersama bondek. Semua kontraktor Jakarta rata-rata menggunakan wiremesh untuk hampir semua konstruksi bangunan.

Bangunan tanpa menggunakan besi tulangan wiremesh tidak akan stabil dan mudah pecah. Misalnya saja sebuah ruangan digunakan untuk area parkir mobil. Bobot yang ditampung lantai dengan besi wiremesh akan lebih kuat dibandingkan jika tidak menggunakannya.

Penggunaan Wiremesh pada Lantai Beton

Bagaimanakah cara memasang wiremesh pada lantai beton? Setidaknya jika Anda seorang kontraktor atau orang awam, Anda harus mengetahuinya. Sebab penting pada akhirnya untuk mengetahui menghitung kebutuhan wiremesh dengan cara penggunaan yang benar.

Pertama ukur bagian lantai yang akan dibuat, kemudian letakan lembaran bondek sesuai ukuran yang telah ditentukan. Bondek akan menjadi dasaran kemudian pasang wiremesh di atas bondek yang telah terpasang. Dilihat dari peletakannya, maka sudah jelas bahwa wiremesh digunakan untuk menggantikan besi beton konvensional.

Jarak antara wiremesh dan bondek adalah 15 cm. Pastikan tidak ada salah pengukuran karena akan mempengaruhi kekuatan dari wiremesh. Diameter wiremesh yang digunakan harus sesuai dengan jenis lantai.

Misalnya saja Anda akan menciptakan lantai untuk lahan parkir mobil atau motor maka ketebalan lantai lebih tinggi sehingga diameter wiremesh yang digunakan juga harus lebih besar. Setelah semua terpasang baru bisa menuangkan adukan beton untuk membuat lantai.

Semua kontraktor Jakarta yang telah menggunakan wiremesh untuk menggantikan besi konvensional pasti menawarkan harga lebih murah. Pasalnya wiremesh sendiri tidak dijual dengan harga yang sangat mahal. Walaupun murah, tapi kekuatannya sangat baik.

Bangunan yang menggunakan wiremesh sebagai lantai, dinding bahkan sebuah jembatan pun tidak akan mudah rusak. Ditambah lagi pemasangan yang cukup cepat karena sudah berbentuk anyaman. Jadi kontraktor bisa langsung memasangnya tanpa harus menunggu menata besi anyaman terlebih dahulu.

COMMENTS