Gunung yang Cocok untuk Didaki Para Pemula

 

7 Gunung yang Cocok untuk Didaki Para Pemula

Persoalan daki mendaki gunung ini bukan hanya kesukaan kaum adam saja, banyak perempuan tangguh yang bisa mendaki gunung dengan ketinggian yang enggak main-main. Tentu kamu yang perempuan juga ingin dong menjelajah ke berbagai gunung yang ada di Indonesia. Namun, agar tidak kaget, kamu harus memulai pendakianmu ke gunung-gunung yang pendek terlebih dahulu. Berikut ini gunung di bawah 3000 mdpl yang bisa kamu daki.

Gunung Ijen

Ijen mungkin terkenal dengan api birunya. Selain itu, ketinggian gunung ini juga hanya 2.386 mdpl. Terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, akses ke puncak Gunung Ijen juga tidak membutuhkan waktu lama. Kamu hanya memerlukan 2-3 jam saja untuk bisa sampai ke puncak. Jangan lupa, sebagai bekal kamu harus membawa masker dan juga jaket. Masker ini fungsinya untuk menghindari zat belerang yang ada di kawah gunung. Nah, kalau kamu mau memburu blue fire, kamu harus sampai di puncak sebelum subuh.

Gunung Gede

Kamu yang tinggal di Ibukota pasti sibuk kan dengan aktivitas dan rutinitas kerja yang begitu-begitu saja. Oleh karena itu, kalau niatnya ke gunung baiknya sih mencoba Gunung Gede. Gunung ini hanya 2.958 mdpl saja. Berada dalam Taman nasional Gunung Gede Pangrango, gunung ini dekat dengan kawasan Bogor, Jakarta, Sukabumi dan Bandung.

Gunung Prau

Banyak yang mengatakan kalau Prau punya panorama yang begitu indah. Kenyataannya memang begitu. Gunung Prau berada di ketinggian 2.565 mdpl. Pamor gunung ini terkenal sejak tahun 2013, saat ia ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Sama seperti Ijen, untuk mencapai puncaknya, kamu hanya membutuhkan waktu 3 jam jalan kaki santai saja. Gunung Prau juga terkenal dengan pemandangan dan savanna-nya yang indah. Boleh dicoba nih!

Gunung Batur

Selanjutnya ada Gunung Batur, yang termasuk dalam kawasan Cincin Api Nusantara. Tinggi gunung ini hanya 1.717 saja. Perjalanan mendaki dari bawah sampai puncak bisa ditempuh dengan 3 jam saja. Jalurnya cukup rapi, hanya memang berupa medan pasir vulkanis dan juga batu pasir. Nah, kalau sudah sampai ke puncak kamu tidak akan menyesal deh, karena kamu bisa melihat Gunung Agung, Rinjani, dan juga Gunung Abang.

Gunung Papandayan

Berada di Jawa Barat, Papandayan terkenal dengan hutan matinya yang sungguh eksotis. Ketinggian gunung ini adalah 2.265 mdpl. Dari bawah hingga puncak kamu bisa berjalan selama 5 jam saja. Jangan lupa, kalau ke Gunung Papandayan, kamu harus banget mampir di Tegal Alun atau lapangan 32 hektare yang berisi bunga Edelweiss. Tapi ingat! jangan dipetik ya!

Gunung Andong

Pernah mendengar nama Gunung Andong? Yap, gunung ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini sangat direkomendasikan untuk kamu para pendaki pemula, atau mungkin yang punya waktu terbatas dan tidak ingin mendaki lama-lama. Andong berada 1.726 meter di atas permukaan laut. Pendakiannya hanya 2-3 jam saja. Kalau ke Andong, ada 4 puncak yang bisa kamu datangi, yaitu Puncak Jiwa, Puncak Makam, Puncak Alap-alap, dan Puncak Andong.

Gunung Penanggungan

Terakhir, ada Gunung Penanggungan. Gunung ini terletak di antara dua kabupaten di Jawa Timur yakni Mojokerto dan Pasuruan. Tinggi gunung ini hanya 1.653 mdpl. Namun, meskipun pendek, siapkan tenagamu ya, karena mendaki Penanggungan akan lebih melelahkan dari gunung lain di atas. Kalau kamu sampai ke puncak Gunung Penanggungan ini, kamu akan bisa melihat panorama Gunung Arjuno dan juga Welirang.

Nah, yang harus kamu siapkan sebelum kamu mendaki gunung ini adalah fisik yang sehat. Jangan lupa untuk olahraga dan latihan sebelum kamu berangkat mendaki. Selamat menikmati pemandangan alam ya!

Jika ingin mendaki namun bingung berangkat menggunakan kendaraan apa, maka anda bisa gunakan sewa bus pariwisata sewabispariwisata.co.id

COMMENTS