Ingin Membangun Hunian dari Material Kayu dan Beton? Perhitungkan dulu Kendalanya Berikut Ini!

Akhir-akhir ini bangunan rumah banyak yang menerapkan konsep modern dengan memadukan material kayu juga beton. Kedua material ini dipilih karena bisa membuat tampilan hunian menjadi indah, elegan, dan tidak berlebihan.

Hunian dari Material Kayu dan Beton

Rumah dengan kedua material ini juga dianggap ideal terutama untuk hunian di tengah kota. Hal itu karena mampu menghadirkan hunian nyaman, kuat, dan alami yang selama ini sulit didapatkan di kehidupan urban. Selain itu, sifat hangat dari kayu dan sifat dingin dari beton juga akan menimbulkan keseimbangan dalam interior rumah.

Terlepas dari kelebihan-kelebihan tersebut, rumah bermaterial kayu dan beton juga memiliki kekurangan dan memiliki kendala dalam pengaplikasianya. Oleh karena itu, untuk anda yang tertarik membangun hunian dari kedua material tersebut, sebaiknya anda baca terlebih dahulu artikel di bawah ini!

3 Kelemahan dan Kendalan Membangun Rumah dari Material Kayu dan Beton

 1. Harga pembelian dan perawatan kayu yang mahal

Produksi kayu yang langka dan dibatasi menyebabkan harganya cukup mahal. Apalagi jika kayu tersebut merupakan kayu dengan kualitas paling kuat, dan paling awet. Selain itu, kayu juga memerlukan perawatan rutin yang tidak murah. Misalnya seperti penyemprotan anti rayap dan serangga.

 2. Proses pengerjaan cukup sulit

Proses penyambungan antara satu kayu dengan kayu lain bukanlah hal yang sederhana dan bisa dibilang cukup rumit. Selain itu, pengerjaan beton juga tidak bisa dikerjakan oleh sembarang orang. Jika bagian atap tidak ingin cepat roboh, gunakanlah material beton.

Material ini lebih kuat dan tahan cuaca ekstrem dibandingkan dengan kayu. Namun masih perlu dilakukan waterproofing, agar tidak terjadi kebocoran.  Untuk mendapatkan material waterproof, anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Sebab harga waterproofing membrane cukup terjangkau.

 3. Kayu rentan terhadap cuaca, bahan kimia, dan kebakaran

Kayu merupakan material yang lebih rentan terhadap cuaca ekstrem, kebakaran, dan pengaruh bahan-bahan kimia. Ketiganya akan membuat struktur kayu berubah bahkan rusak.

Nah itu dia tiga kelemahan atau kendala yang akan anda hadapi jika ingin membangun rumah dari perpaduan material kayu dan beton. Jangan lupa untuk membuat atap dak beton yang dilapisi dengan bahan waterproof. Salah satunya yaitu dengan menggunakan produk dari Sika. Selain berkualitas, harga Sika waterproofing juga sangat bersahabat. Selamat membangun rumah impian ya!

COMMENTS