Kenapa Wisata Sejarah Kurang diminati?

Eliasquerejeta.com – Jasmerah, Jangan pernah melupakan sejarah. Sedikit kutipan dari sang pendiri republik Indonesia. Ir. Soekarno telah menyatakan bahwa sejarah merupakan bagian penting dari perjalanan bangsa dan tidak pantas dilupakan begitu saja. Sejarah menjadi rambu-rambu setiap tindakan agar tidak terulang kesalahan dimasa silam. Sayangnya kaum muda sekarang ini tidak tertarik lagi dengan sejarah.

Kenapa Wisata Sejarah Kurang diminati

Kurangnya minat kaum muda ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini beberapa alasan kurang minatnya kaum muda terhadap wisata sejarah. Padahal wisata sejarah relative murah dan dapat dituju dengan memanfaatkan bus. Harga sewa bus pariwisata juga relative murah.

Perkembangan Teknologi

Kemajuan teknologi bak piasu bermata dua. Teknologi memberikan dampak positif sekaligus membawa pengaruh negatif juga. Remaja semakin melupakan sejarah dan enggan mengunjungi tempat-tempat wisata karena dianggap kuno. Selain itu, sumber informasi yang begitu banyak telah memudahkan para anak muda mendapatkan berbagai hal. Anak muda mudah mengakses dan menerima berbagai informasi mengenai sejarah. Jadi tidak perlu repot-repot datang ke wisata sejarah.

Sejarah juga sudah dianggap sebagai hal yang kuno dan ketinggalan jaman. Daripada pergi ke tempat bersejarah, para anak muda lebih menyukai tempat-tempat yang lebih kekinian dan modern. Apabila dibiarkan bukan tidak mungkin sejarah bangsa akan hilang dan tidak lagi dikenali kaum muda.

Sistem Pendidikan

Sebuah fakta menarik memang menilik sistem pendidikan kita sekarang ini. Sistem pendidikan di bangku sekolah mulai menggunakan kurikulum 2013 di mana kurikulum ini mulai menghilangkan sejarah. Pelajaran sejarah memang tidak lagi nampak bahkan seolah-olah hilang dari peredaran. Anak-anak muda khususnya pelajar juga merasa tidak lagi merasa butuh pergi ke tempat demikian karena tidak ada tugas yang berhubungan dengan sejarah.

Wisata sejarah seharusnya menjadi salah satu tujuan wisata instansi pendidikan. Tempat-tempat bersejarah harus tetap dilestarikan dan menjadi tujuan study tour. Cara ini dilakukan sebagai upaya memperkenalkan peserta didik pada tempat-tempat bersejarah. Instansi sekolah ini dapat memanfaatkan berbagai kendaraan seperti bus. Harga sewa bus pariwisata Jakarta yang murah dapat menjadi alasan utama pemakaian bus untuk sekolah-sekolah dari Jakarta dan sekitarnya tentunya.

COMMENTS