Langkah Mudah Merawat Lukisan Agar Tak Mudah Rusak

Supaya hunian terlihat makin cantik, biasanya pemilik akan menambahkan hiasan pada setiap sudut ruang. Namun, jika tidak ingin banyak hiasan di dalam rumah, Anda bisa menyiasati dengan memberikan nuansa bewarna pada dinding ruangan. Misalnya, mengecat tembok dengan sentuhan warna pastel twotone, polkadot, bergaris, hingga memberinya wallpaper Korea. Berapa harganya? Untuk masalah harga wallpaper korea sebaiknya survei saja langsung ke lokasi karena di pasaran harganya sangatlah beragam.

Sementara itu, jika Anda lebih menyukai hiasan dinding seperti lukisan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, tak seperti wallpaper, lukisan membutuhkan perawatan supaya warnanya tidak pudar dan tahan lama. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara untuk merawat pajangan lukisan.

 

Langkah Mudah Merawat Lukisan Agar Tak Mudah Rusak

Tips merawat lukisan supaya tidak cepat rusak

Hiasan dinding seperti lukisan kerap dijadikan pajangan untuk mempercantik ruangan. Bahan pembuatnya beragam ada yang dari cat minyak, cat air, dan lain sebagainya. Tak heran, hiasan lukisan memiliki nilai jual yang tinggi terutama jika dibeli dari para pelukis ternama. Oleh sebab itu, banyak orang yang sangat berhati-hati ketika memajang lukisan kesayangannya di dinding ruangan. Bahkan saking takutnya lukisan rusak, mereka hanya menyimpannya dalam sebuah ruangan untuk dinikmati sendiri keindahannya.

Mulai sekarang Anda tak perlu khawatir. Ikuti tips berikut ini supaya lukisan tetap terlihat bagus dan tahan lama.

1. Perhatikan kondisi ruangan

Saat akan meletakkan lukisan, perhatikan kondisi ruangan dari suhu, cahaya, hingga kelembapan. Pasalnya dinding yang lembap dapat membuat lukisan cepat rusak. Namun bukan berarti itu aman dari sinar matahari ya. Tetap jauhkan dari paparan sinar matahari langsung, taruh di tempat yang suhu ruangnya stabil, dan pencahayannya cukup.

2. Jangan sentuh lukisan

Saat akan membersihkannya, jangan pernah menyentuh permukaan lukisan. Pegang bingkainya dan bersihkan lukisan dengan kuas halus.

Itulah dua hal yang perlu diperhatikan jika Anda memilih untuk memajang lukisan. Kesimpulannya, jika Anda ingin dinding cantik tanpa ribet sebaiknya pasang wallpaper korea, tetapi jika ingin lebih artistik maka lukisan adalah jawabannya. Sedangkan untuk masalah harga kembali pada pasar karena baik harga wallpaper korea maupun harga lukisan sangatlah bervariasi.

COMMENTS