Membuat ID Card Semudah Mencetak Dokumen

Membuat ID Card Semudah Mencetak Dokumen

Membuat id card semudah mencetak dokumen? Anda pasti bercanda. Tidak, ini tidak bercanda. Kemudahan ini terjadi karena semua bahan pembuatan id card memang sudah tersedia, baik dicetak manual dengan printer kantor maupun dicetak digital dengan printer khusus. Anda dapat membeli semua bahan ini dengan harga murah di toko-toko yang khusus menjual semua perlengkapan ini.

ID Card (Identification Card) merupakan kartu identitas diri berupa kartu yang berisi nama, alamat, nomor anggota, dan jabatan atau pekerjaan untuk keperluan yang berkaitan dengan keanggotaan. Contoh ID Card adalah KTP, NPWP, ATM, kartu member, atau SIM. Jika Anda memiliki komunitas, bisa dicoba membeli id card atau membuat sendiri.

Cetak Digital

Pembuatan id card dengan sistem cetak digital merupakan pencetakan id card yang paling mudah. Anda hanya memasukan card kosongan lalu mencetak design id card menggunakan printer. Selesai. Pencetakan ini menggunakan printer khusus cetak id card. Harga mesin cetak id card digital bervariasi antara 13 juta hingga 20 juta, belum termasuk tinta toner. Sistem cetak digital memudahkan pencetakan dalam waktu singkat dan dapat dibuat satuan, misalnya mencetak NPWP atau KTP. Kelemahan sistem ini terletak pada harga printernya yang lumayan mahal.

Cetak Manual

Sistem cetak manual membutuhkan kreativitas tersendiri tidak seinstan cetak digital. Sistem cetak ini paling banyak digeluti pebisnis id card karena berbiaya murah dengan hasil cetak yang banyak. Perlengkapan yang disediakan cukup mudah, yakni komputer/laptop, printer, kertas PVC, dan setrika atau laminating.

Alur Kerja

1. Siapkan desain id card. JIka Anda kurang menguasai desain graifs, Anda dapat mengunduh gratis di salah template yang banyak beterbaran di internet. Posisikan desain ini dalam posisi terbalik (mirror).

2. Masukan kertas laminating ke dalam printer. Perlu dipahami, kertas PVC id card yang Anda beli terdiri dari plastik tebal PVC sebagai alas design, dan dua kertas laminating transparan, digunakan untuk mencetak desing id card. Harga bahan pvc id card dan gelang wristband terbilang murah yakni Rp 5000/lembar ukuran A4. Dengan 1 lembar kertas ini, Anda bisa membuat 8 id card. Posisikan kertas laminating dengan kontur halus di permukaan atas dan yang kasar di bagian bawah. Jangan terbalik. Cetak lagi kertas laminating dengan design berbeda jika Anda ingin membuat id card bolak-balik dua sisi.

3. Kupas pelapis plastik PVC dan kupas juga pelapis kertas laminating. Hasil kupasan ini berupa perekat yang sangat kuat, jadi berhati-hatilah saat melekatkan kertas laminating ke atas plastik PVC.

4. Panaskan hasil lekatan ini dengan menggunakan setrika dengan panas sedang yang dilapisi kain atau menggunakan laminating dengan panas sedang.

5. Potong id card ukuran A4 ini menjadi potongan sesuai ukuran dengan menggunakan pisau cuter atau mesin potong.

 

COMMENTS