Mudah! Ternyata Begini cara Kerja Mesin Press ID Card

Tanda pengenal atau biasa disebut dengan ID Card merupakan sebuah kartu yang berisi identitas diri seseorang (biasanya berisi nama seseorang, nama instansi terkait dan kode nomor tertentu) fungsinya sebagai tanda pengenal. Biasanya digunakan oleh karyawan perusahaan, kantor bahkan sekolah-sekolah. Selain sebagai tanda pengenal, ID card dapat digunakan juga sebagai presensi, tanda pembeda antara karyawan dengan non-kayawan dan lebih dari itu ID card memberikan kesan formal, rapi dan menghadirkan suasana positif pada perusahaan atau instansi tertentu.

Karena memegang peran yang cukup penting bagi image sebuah perusahaan di mata masyarakat, beberapa orang memanfaatkan hal ini untuk membuka bisnis pembuatan ID card. Alat pencetak ID card pun makin banyak dicari orang-orang. Berbagai jenis mesin muncul dipasaran. Salah satu alat yang paling digemari adalah mesin press ID card.

Apa itu mesin press ID card dan bagaimana cara kerjanya?

Mesin press ID card merupakan jenis mesin press khusus yang digunakan untuk pencetak ID card. Mesin ini memiliki alat pemanas dan pendingin yang digunakan dalam pemrosesan kartu tanda pengenal tersebut.

Cara kerja mesin ini cukup mudah yaitu kartu tanda pengenal baik yang dibuat dari pvc (polivinil klorida) maupun kertas yang telah dicetak kemudian dilapisi bagian atas dan bawahnya dengan plastik laminating (overlay) selanjutnya diletakan diantara dua plat dan dimasukkan kedalam mesin press ID card. Yang kemudian di press atau di tekan sembari dipanaskan beberapa menit pada suhu tertentu (biasanya antara 90-100 derajad celcius). Setelah habis waktu yang ditentukan, secara otomatis mesin akan mendingin hingga mencapai suhu tertentu yang aman untuk manusia (suhu antara 35-25 derajad celcius). Nah setelah dingin barulah anda bisa mengeluarkan kartu tersebut.

Dibuat dengan cara di-press pada suhu yang sangat tinggi tersebut menghasilkan kartu yang elegan, lentur dan tidak mudah patah, layaknya seperti kartu ATM. Mesin press ini memiliki jumlah plat yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh kapasitas mesin, ukuran dan merk dari alat pencetak ID card tersebut.

Nah bagaimana anda tertarik mencoba bisnis pembuatan ID card ? Mesin press ID cardbisa menjadi salah satu pilihannya.

COMMENTS