Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

 Laptop Lemot

Tidak hanya smartphone, di masa digital ini laptop adalah benda yang masuk dengan keperluan primer. Masalahnya laptop termasuk semakin ringkas dibanding computer untuk kerjakan suatu hal.

Peranan laptop yang melewati smartphone ini umumnya dipakai untuk kerjakan suatu hal yang tidak dapat ditangani di smartphone layaknya mengubah video untuk waktu yang panjang, atau membuat artikel yang panjang.

Walau semakin ringkas dari computer, laptop juga dapat jadi lemot. Untuk kamu yang aktif memakai laptop, merasakan laptop yang mendadak jadi lelet tentu jengkel. Beberapa langkah juga dilaksanakan supaya pemicu laptop lemot itu dapat selekasnya ditangani.

Kamu bingung kenapa laptop dapat jadi lemot? Berikut kami kumpulkan dari beberapa sumber pemicu laptop lemot serta langkah menanganinya.

 

Penyebab Laptop Lemot

1. Harddisk yang Telah Lama

Jika harddisk kamu telah lama, jadi kamu mesti mengubahnya. Sebab Harddisk mempunyai batasan umur. Harddisk yang telah tua, mampu memengaruhi perform laptop keseluruhannya.

 

2. Harddisk Penuh

Data yang sering memberi unsur pemicu laptop lemot. Jika harddiskmu hampir penuh capai 95 %, benar-benar banyak peluang laptopmu mampu lelet.

 

3. Sering Startup Programs

Jika kamu mempunyai sering aplikasi di laptop, hal tersebut dapat jadi diantara pemicu laptop lelet. Soalnya, beberapa aplikasi itu mampu berjalan di latar belakang dengan cara automatis waktu kamu ketika menghidupkan laptop. Semakin sering aplikasi yang berjalan automatis saat booting, mampu jadikan laptop makin lelet.

 

4. Sering Add-ons

Dengan cara tidak sadar, kamu senang memberikan tambahan add-ons di situs browser. Ini lah pemicu laptop lelet. Jadi, kamu mesti cermat sebelmum menempatkan add-ons, ya.

 

5. Sering Jalankan Aplikasi

Seringkali kamu buka sering aplikasi dengan satu waktu. Ini adalah pemicu laptop lelet, sebab kurangnya RAM.

 

6. Sering Browser Tab yang Dibuka

Nah, buka begitu banya tab di browser dapat kuras RAM laptop, lho. Ditambah lagi jika situs yang sedang dibuka mempunyai feature auto-refreshing.

 

7. Terkena Virus

Virus di piranti elektronik ini dapat perlambat serta menghancurkan laptop. Oleh karenanya, siaga waktu terima file baik dengan cara online atau off line.

 

8. Antivirus yang Begitu Aktif

Untuk menangani ada virus di laptop, tentu kamu telah siap-siap dengan aplikasi antivirus. Tetapi, jika aplikasi antivirus ini begitu aktif, jadi pemicu laptop lelet sebab berjalan di latar belakang.

Untuk menanganinya, kamu dapat mengelola waktu spesifik untuk lakukan secanning dengan cara teratur.

 

9. Ukuran RAM Kecil

Besarnya RAM yang ada di laptop jadi diantara aspek khusus pada kecepatannya. Jika RAM Kamu kecil, dapat coba tukar ke RAM yang semakin banyak.

 

10. Jarang-jarang Lakukan Update OS

Pemakai laptop Windows atau MacOS, kamu masih mesti teratur mengupdate skema operasinya. Ini buat untuk melakukan perbaikan kekurangan-kekurangan yang ada di laptop. Jika jarang-jarang mengupdate, bersiap saja laptop mampu jadi lelet.

 

Langkah Mengatasi Laptop Lemot

Jika laptopmu terlanjur lemot, tenang saja, ada cara-cara untuk menangani laptop lemot yang benar-benar mengganggu pekerjaan ini. Berikut ada cara-cara yang dapat kamu kerjakan untuk menangani laptop lemot:

1. Uninstall Aplikasi

Jika kamu mempunyai sering aplikasi di laptop, awalilah untuk kurangi aplikasi-aplikasi yang tidak dipakai. Jumlahnya aplikasi di laptop mampu membuat kemampuan penyimpanan di Drive C mampu penuh serta membuat skema mampu jadi lama melihat harddisk.

Awalilah untuk memilih aplikasi mana saja yang jarang-jarang digunakan. Kemudian kamu dapat lakukan uninstall pada aplikasi-aplikasi itu untuk kurangi lemot. Kamu lumayan memakai aplikasi sesuai dengan keperluan, sebab aplikasi yang menganggur mampu penuhi laptop serta membuat performa laptop turun.

 

2. Pakai Antivirus

Virus di piranti elektronik jadi diantara penyakit yang membuat jadi lelet. Layaknya yang sudah diterangkan di atas barusan. Pakai aplikasi antivirus serta pakai dengan seharusnya.

 

3. Pakai Aplikasi untuk Menangani Laptop Lemot

Kenalilah mengenai detail laptopmu. Ini bermanfaat untuk memasangkan aplikasi sesuai detail processor serta RAM yang dipunyai laptop. Bila begitu memaksa install aplikasi, walau sebenarnya laptop tidak dapat memuat atau terima, jadi bersiap saja laptop jadi lelet.

 

4. Membuka Aplikasi Pilihan

Menghidupkan aplikasi terlalu berlebih jadi diantara pemicu laptop lemot, sebab ini memaksa performa RAM. Kamu mesti sesuaikan pemakaian aplikasi dengan detail laptop yang dipunyai. Atau kamu dapat aktifkan task manajer untuk mengatur pemakaian RAM di waktu menjalanlan beberapa aplikasi sekaligus juga.

 

5. Membersihkan Desktop

Meletakkan sering aplikasi dibagian desktop adalah diantara pemicu laptop lemot dengan memberi respon perintah dari user. Disamping itu, tekankan untuk memantau aplikasi yang berjalan saat laptop sedang dengan kesibukan starup.

Upayakan jangan begitu sering aplikasi yang berjalan, sebab ini mampu jadi pemicu laptop lemot. Karena aplikasi itu jadi working in latar belakang, yang diam-diam mengonsumsi kemampuan RAM.

 

6. Lebih Kemampuan RAM

Langkah menangani laptop lemot yang lain ada di tambahan RAM. Tetapi jangan meningkatkan kemampuan RAM, lihat detail RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, dan RAM DDR4) dan kemampuan optimal RAM yang dapat diterapkan di laptop.

 

7. Kerjakan Pembersihan Drive C

Bila laptop telah berumur tua, umumnya di atas tiga tahun, performanya tentu mampu turun. Karena itu, diantara jalan keluarnya ialah lakukan pembersihan drive C. Kerjakan uninstall dari program dan aplikasi yang dipandang memperberat performa laptop untuk melakukan perbaikan performanya.

 

8. Reset Lagi Windows

Umur laptop yang telah tua bukan hanya memengaruhi performa hardware saja, dan juga software. Oleh karenanya, kamu mesti mereset atau install lagi software yang dipakai. Disamping itu kamu dapat juga mengubah software yang awalnya, untuk tingkatkan performa piranti laptop.

 

9. Pakai Thermal Paste

Manfaat Thermal Paste untuk mendinginkan serta jaga temperatur processor supaya tidak cepat panas. Jika temperatur processor konstan, tentu saja mampu menolong performa laptop bertambah lebih konstan serta tidak cepat lelet.

 

10. Pakai Cooling Pad

Cooling pad bermanfaat untuk jaga temperatur laptop supaya tidak panas. Sebab jika laptop begitu panas, mampu membuat laptop jadi lelet.

 

11. Tukar Memory HDD dengan SSD

Harddisk HDD mempunyai kecepatan data yang relative lamban. Untuk menanganinya, seharusnya kamu mengubahnya dengan penyimpanan SSD.

 

12. Pakai Aplikasi Pemacu Performa Laptop

Untuk menangani aplikasi lemot, kamu dapat memakai aplikasi yang berperan memberikan dukungan performa laptop supaya bertambah lebih cepat. Kamu dapat coba aplikasi layaknya CCleaner, Razer Game Booster, IObit Advanced SystemCare, Advanced Sistem Optimizer, dan lain-lain.

 

Baca juga : Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot

 

Semoga bermanfaat.

COMMENTS