Rokok Sebabkan Kematian Pada Janin, Benarkah?

Eliasquerejeta.com Dampak negatif rokok memang sangat hebat. Bukan hanya kamu, para perokok aktif saja yang akan terkena dampaknyanya. Tapi kamu yang seorang perokok pasif alias hanya menghirup asap rokok saja, bahkan meskipun itu nggak sengaja, bisa terkena efek negatifnya. Meskipun sudah ada berbagai iklan larangan merokok di Indonesia, namun saat ini belum bisa diketahui seberapa efektif dampaknya.

Rokok Sebabkan Kematian Pada Janin

Wahai Ibu.. Lindungi Diri dan Calon Bayimu

Berbagai masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung, paru-paru, stroke, dan berbagai penyakit mematikan lainnya dapat kamu alami. Nggak cuma itu saja, efek rokok juga bisa  menyebabkan kematian pada calon bayi yang ada diperut seorang ibu.

Hal ini bisa terjadi karena zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok. Berbagai zat kimia ini bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah, termasuk diantaranya pembuluh darah yang bertugas menyalurkan makanan dan oksigen pada plasenta dan calon bayi yang ada didalam perut seorang ibu.

Kalau sampai pasokan makanan dan oksigen pada calon bayi tersendat, kemungkinan terjadinya gangguan pertumbuhan pada calon bayi, bayi lahir prematur, bahkan terjadinya plasenta yang terpisah dari rahim sebelum waktunya alias keguguran bisa terjadi.

Upaya Pemerintah Mengurangi Dampak Rokok di Indonesia

Upaya Pemerintah Mengurangi Dampak Rokok di Indonesia

Di Indonesia sendiri sampai saat ini masih belum ada peraturan yang secara khusus mengatur tentang ketentuan pidana bagi seorang perokok yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. Hal ini karena seperti yang pasti kamu tahu, efek negatif rokok terjadi dalam jangka panjang. Jadi nggak akan menyebabkan seseorang meninggal dunia secara langsung.

Namun tentunya sudah ada beberapa peraturan yang diterbitkan pemerintah untuk mengurangi efek negatif dari rokok. Seperti berbagai undang-undang tentang kesehatan, peraturan pemerintah yang mengatur tentang pengamanan berbagai bahan yang mengandung zat adiktif, termasuk didalamnya produk tembakau bagi kesehatan, peraturan tentang merokok ditempat umum dan berbagai peraturan sejenis yang diterbitkan masing-masing daerah di Indonesia.

Berbagai iklan dilarang merokok di Indonesia juga mulai digalakkan. Baik melalui online maupun offline. Namun hingga saat ini, masih saja banyak yang membandel, bahkan merokok ditempat umum yang jelas-jelas ada tanda larangan untuk merokok.

Butuh kesadaran dan niat dari semua pihak untuk bisa mewujudkan Indonesia yang bebas dari rokok. So, kalau kamu sayang dengan diri dan keluargamu, stop merokok dari sekarang!

COMMENTS