Wisata Jelajah Taman Nasional Meru Betiri, Surganya Peneliti Flora dan Fauna

Bosan wisata yang itu-itu saja? Mengayuh bebek-bebekan berjam-jam lalu foto-fotoan di taman dekat patung? Jika kamu petualang sejati atau penggemar wisata alam luas, cobalah mampir di Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi. Di tempat ini tidak ada taman buatan asal-asalan apalagi bebek-bebekan. Di sini kamu akan disuguhi belantara hutan perawan yang menyimpan segudang misteri dari dunia flora dan fauna yang dikagumi dunia. Di sini pula para peneliti dunia menghabiskan masa mudanya untuk perkembangan pengetahuan dunia. Tetapi jangan khawatir, meski hutan belantara, tempat ini juga difungsikan sebagai tujuan wisata alam. Karena itu, keselamatan para pengunjung tetap diprioritaskan dan yang pasti segala kebutuhan akomodasi pengunjung terjamin, seperti tempat ibadah, penginapan, restoran, perkemahan, dan transportasi. Kamu bisa sewa bus pariwisata untuk menuju lokasi dan berkemah sepuasnya di sana.

Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) merupakan hutan lindung sekaligus cagar alam seluas 58 ribu hektar yang melindungi banyak sekali satwa unik yang hanya terdapat di Indonesia. Karena keunikan dan ancaman kepunahan, pemerintah sangat ketat menjaga kelestarian satwa yang terdapat di dalamnya. Memasuki taman nasional ini serasa kembali ke masa lalu di mana kehidupan terasa sangat sederhana. Anak-anak muda Jakarta bermobil jeep atau offroader sangat menggemari tempat ini. Bagi kamu yang pariwisata berkelompok ke daerah Jawa Timur, dapat menyambangi tempat ini dengan sewa bus pariwisata Jakarta  atau bus pariwisata lokal.

Cagar Alam yang Dilindungi Sejak Zaman Kolonial

Cagar alam yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini memiliki jalur berkelok yang sangat indah. Sewa bus pariwisata menuju lokasi ini dipandang lebih efisien daripada mobil pribadi. Hebatnya, cagar alam ini ternyata sudah dilindungi pemerintah kolonial sejak 1929 mengingat keanekragaman hayati yang tersimpan di sana. Saat itu para peneliti dari Eropa berbondong-bondong meneliti, mengindex, dan menggambar flora dan fauna yang terdapat di sana. Di tempat ini pula terkandung lebih dari 239 jenis tanaman berkhasiat obat yang memiliki nilai jual tinggi di pabrik farmasi.

Pengunjung dapat melakukan sewa bus pariwisata Jakarta atau dari Malang dan Banyuwangi untuk mengunjungi tempat ini. Karena lokasinya dekat pantai, TNMB menyimpan banyak pemandangan eksotis yang masih perawan seperti Pantai Sukamade, Teluk Hijau, Pantai Rejegwesi, dan Pantai Batu. Di pantai yang masih suci ini, pengunjung bahkan dapat bermain bersama kepiting dan anak penyu yang berkeliaran santai tanpa rasa takut.

COMMENTS