Yang Cantik Bahkan Mematikan Dari Dieng

 

Yang Cantik Tapi Mematikan Dari Dieng

Negeri di Atas Awan, begitu orang-orang menyebut Dataran Tinggi Dieng. Dieng adalah kawasan gunung api yang masih aktif di Jawa Tengah. Secara administrasi, Dieng termasuk ke dalam wilayah kabupaten Wonosobo. Daerah yang berada di ketinggian 2.000 mdpl ini, termasuk ke dalam wilayah yang paling terpencil di Jawa Tengah. Sehingga, satu-satunya cara untuk mencapai masterpiece Sang Pencipta ini adalah lewat jalur darat. Bisa dengan sewa bus pariwisata jakarta atau naik kendaraan pribadi.

Tahun 2018 lalu, ada 1,68 juta wisatawan yang rela road trip dengan kendaraan pribadi atau pun sewa bus pariwisata jakarta, untuk menikmati pesona dataran tinggi Dieng. Mulai dari menikmati keindahan alam, bangunan bersejarah sampai menikmati kuliner ikonik, seperti mi ongklok dan carica.

Dieng: Cantik Tapi Berbahaya

Dieng merupakan kaldera purba yang dikelilingi oleh gunung sebagai tepiannya. Makanya, selalu ada material vulkanik yang keluar dari perutnya, mulai dari gas sampai uap air. Jadi bisa dibilang bahwa masyarakat Dieng hidup di atas pusat bencana. Namun, kondisi ini juga yang membuat Dieng menyajikan fenomena unik, cantik dan berbahaya, yang sepadan dengan perjalanan panjang menggunakan jasa sewa bus pariwisata.

  • Embun Es

Yang Cantik Tapi Mematikan Dari Dieng

Saat musim kemarau, Dieng akan dipenuhi dengan banyak embun beku. Ketika udara pagi mencapai suhu 0 oC, embun-embun beku akan menggantung di tanaman dan hamparan rumput. Bulir-bulir embun ini akan memantulkan keelokan pesona alam Dieng. Embun es Dieng bisa disaksikan langsung pada bulan Juni – Agustus. Tempat terbaik untuk berburu embus es ada di kompleks Candi Arjuna.

Meski banyak diburu karena keindahannya, warga sekitar justru mengenal embun ini sebagai bun upas alias embun racun. Tenang, racunnya tidak berbahaya untuk wisatawan yang berkunjung dengan sewa bus pariwisata, atau pun yang datang berkendara dengan motor. Racun embun ini hanya akan merusak tanaman kentang dan carica. Setelah ditempeli embun, biasanya daun tanaman kentang atau carica bakal layu dan menguning, kemudian kering dan mati.

  • Kawah Sinila

Yang Cantik Tapi Mematikan Dari Dieng

Kawah gunung berapi yang masih aktif memang punya daya tarik sendiri. Dieng bahkan punya 8 kawah. Namun meski indah, kawah ini sangatlah mematikan. Pernahkan mendengar lagu Berita Kepada Kawan milik Ebiet G. Ade? Lagu ini terinspirasi dari bencana letusan kawah Sinila di Dieng yang menyemburkan gas beracun, dan merenggut nyawa 149 orang. Gak cuma Sinila, kawah Sileri dan kawah Timbang yang indah juga disebut-sebut sebagai kawah paling mematikan di Dieng.

COMMENTS